Standard di dunia Oil and Gas

ayuzainal // Wednesday, August 24, 2016

Ceritanya hari ini baru dapat email dari seseorang, sebut saja Mr X,  isinya nyuruh milih mau standard engineering apa aja yang pengen dikirimkan.. Ini ngerefer ke emailku sebelumnya yang meminta si Mas ini untuk mengirimkan dokumen standard engineering. Ceritanya pengen belajar gitu, ternyata pas dapat emailnya baru tahu, merekaa punya banyak bangeett, makanya disuruh milih..Mabook. Haha..

Penampakan standard-standard yang bisa dipilih
So, karena ada beberapa standard engineering yang digunakan perusahaan gas milik BUMN ini, mulai googling-googling deh, apa yang kira-kira bener2 gw butuhin, at least dalam masa-masa sekarang ini sih ya..
Sambil  ngegoogling jadi pengen nulis, masing-masing kepanjangan dari standar-standar Engineering. Karena bingung mau nulis dimana, alhasil blog ini jadi tumbalnya.. Maapkan aku blogku, kau sekarang beralih seriuuss.. hehe..

So ini dia list standard-standard engineering yang tadi di googling. Sekarang edisi kepanjangannya aja dulu ya.. kalau mau jelasin detail, kayaknya gw perlu khatamin googlingnya atau khatamin salah satu standarnya?? *mikirkeras.. hehe. Intinya mari kita belajar bersama dan ini dia standar-standar itu man-teman:


API: American Petroleum Institute
AGA: American Gas Association
ASME: American Society of Mechanical Engineers
ASME BPVC: ASME Boiler Pressure Vessel Code
ASTM: American Society for Testing Materials
BS EN: British Standard European Norm
IEEE: Institute of Electrical and Electronics Engineers
ISO: International Standards Organizations (Nah, klo yang ini pasti udah sering denger dong yaa)
MSS: Manufacturers Standardization Society untuk Industri Valve dan Fittings
NACE: National Association of Corrosion Engineers
NFPA: National Fire Protection Association
SSPC: Society for Protective Coatings (Nah kalau yang ini kok ngerasa ada yang aneh, S nya kurang satu... Pengen banget dibuat jadi Standard Society for Protective Coatings, atau Society Standards for Protective Coatings, biar pas. hehe)
ICEA: Insulated Cable Engineers Association
NEMA: National Electrical Manufacturers Association

Nah, masing-masing dari standard di atas banyak lagi versi-versinya, sebagai contoh API 550 for installation of Instrument and control Systems atau API 650 for welded Steel Tank for Oil Storage atau ASME 31.8 for Gas Transmission and Distribution Piping Systems, atau ASME B 19.1 for safety standard for air compressor system, and manyyy more..:D

Berhubung gw udah menghabiskan almost setengah jam ngetik ini (Lama juga ya.. haha), untuk postingan terkait ini segini dulu ya man teman, Kita lanjutkan belajarnya sampai waktu yang tak ditentukan (mudah2an bisa rajin terus nulisnya), Habis ini musti milah-milih standard apa yang pengen dipelajari, supaya bisa dikirimi sama si masnya.. hehe.. Danke Schoen

ditulis di balik meja kantor dan selesai pada pukul 9.33
25 Agustus 2016

0 comments