Hikmah 3M

ayuzainal // Friday, August 29, 2014

Cerita ini terinspirasi tentang perjalanan kami selama tinggal di Depok.

Anak-anak lingkungan rumah kecapean abis latian nari

Perlahan mulai ingin menerapkan kata-kata bijak Aa Gym, 3M:
-Mulai dari Diri Sendiri
-Mulai dari hal-hal kecil
-Mulai dari saat ini
ini terasa banget setelah makin dekat dengan anak-anak lingkungan rumah. Kalau Dulu selalu bertanya-tanya sma diri sendiri, apa yang bisa gw perbuat untuk bangsa negara, mungkin terdengar terlalu tinggi, nah itulah kenapa prinsip 3M-nya Aa Gym ini hadir untuk membantu kita memulai langkah nyata itu. Setidaknya bisa mulai bermanfaat buat anak-anak sekitar rumah, salah satu contohnya dengan ngebantuin mereka yang pengen banget ikut nari utk perayaan 17an yang baru malam tadi dilaksanakan di daerah Pondok Cina, Depok.

Sebenarnya, awalanya masih suka gak nyaman dengan kelakuan anak yang kadang suka kelewat batas, tapi nasihat abak dan ama yang selalu bikin kita jadi semangat dan mencoba untuk lebih sabar buat tetap nerima mereka. Di kontrakan yang tak terlalu besar dan tak terlalu nyaman itu kini menjadi tempat favorit mereka untuk ngumpul dan bermain. Mungkin bisa dibilang rumah udah jadi taman bermain  keduanya mereka. Di sela-sela bermain kadang-kadang suka kita selipin nasihat yang lebih mengarah pada ajaran-ajaran moral, namanya anak besar dikota, sopan santunnya jauh banget kalau dibandingin anak dari kampung, itulah peran yang kami harap bisa kami jalankan di sini.

Bagusnya lingkungan sini, si orang tua tidak pernah marah ataupun cuek dengan apa yang kami lakukan, mereka malah mendukung dan mengapresiasi, mungkin juga mereka sudah merasa kewalahan dengan anak-anak ini. Ya semoga apa yang kami lakukan hari ini walaupun tergolong hal kecil dapat bermanfaat untuk tumbuh kembang mereka kedepannya. Aamiin.


0 comments